Kamis, 24 Mei 2012

Sayur Rotan



Makanan Khas Dayak   
Sayur Rotan




            Sangat unik memang, ketika rotan berubah fungsi menjadi sebuah makanan. Hal seperti ini, justru terbukti di Palangka Raya, Kalimantan Tengah. Batang rotan yang biasanya dijadikan bahan baku meubel, tikar, dan lain sebagainya, telah digunakan secara berbeda di kota ini. Karena masyarakat Palangka Raya sangat menyukai bahan baku ini, digunakan sebagai makanan sayur, sehingga batang rotan merupakan makanan khas masyarakat di sana.
Makanan ini dapat anda nikmati di Warung Makan Ny. Idong di Jl. RTA Milono, Palangka Raya. Pada umumnya makanan batang rotan, disuguhkan kepada para pengunjung dari luar Kalimantan Tengah. Seiring dengan rasa penasaran yang tinggi dan keingintahuan kenikmatan dari Sayur Batang Rotan, para pengunjung tidak mempermasalahkan keunikannya tersebut.

Untuk membuat makanan khas Dayak ini, yang paling utama adalah jenis rotan yang dipilih harus muda, setelah itu, rotan terlebih dulu dibersihkan, kemudian kulitnya dibuang, dan bagian dalam yang agak lunak dipotong-potong ukuran kecil, agar memenuhi selera pengunjungnya.
Sayur Rotan ini, juga dapat ditemukan pada restoran mewah di Palangka Raya, namun para pengunjung akan lebih mudah jika mencarinya di wilayah pedalaman, masuk ke dalam lingkungan Suku Dayak. Selain itu, Sayur Rotan Palangka Raya akan lebih terasa nikmat, jika proses masaknya dicampur dengan terong asam, ubi keladi serta bumbu-bumbu sayuran.

Menu tambahan yang disarankan adalah dilengkapi dengan ikan bakar, seperti ikan patin, dan baung. Dengan rasa yang gurih, kepahit-pahitan, merupakan cita rasa nusantara tersendiri bagi Palangka Raya.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar